Sedia Produk Nasa

Sedia Produk Nasa
Tlp : 0813 2901 0583

Indukan Lele yang sehat dan siap pijah

Wednesday, January 18, 2017


Pemijahan Ikan Lele secara alami dapat dilakukan pada lahan sempit menggunakan sarana prasarana sederhana.

Menyiapkan Media Pemijahan Lele

1. Menyiapkan bak pemijah, bak ukuran 3x3m dengan kedalaman 1 m. Persiapkan dengan TON dengan dosis 1 sendok makan per kolam.
2. Siapkan dari ijuk dibingkai dengan bambu.
3. Bak pemijahan diisi dengan air setinggi 50 cm mengunakan air.

Merawat Induk Lele

Induk lele yang akan dipijah harus diberi pakan yang baik agar dapat menghasilkan benih yang baik. Induk lele setiap hari diberi pakan daging bekicot atau ikan rucah. Pemberian pakan pagi dan sore dosis 10% dari berat badan. Bak penampungan induk dekat dengan bak pemijahan agar mudah menangkapnya. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan, perawatan induk-induk dilakukan secara terpisah.

Memilih Induk Lele Siap Pijah

Ciri-ciri induk betina siap pijah adalah :
1. Bagian perut membesar dan lunak kalau diraba,
2. Dubur terlihat merah dan lubang pengeluaran telur lunak melebar,
3. Bagian dubur merah dan lunak dan kalau diurut dari arah perut akan keluar cairan putih atau sperma.
Memijah Lele Dumbo

1. Isi bak pemijahan dengan air setinggi 30 cm.
2. Pasang kakaban hingga menutupi 75% permukaan air. Lepaskan induk lele yang sudah dipilih dengan perbandingan 1 betina dan 2 jantan.
3. Proses pemijahan akan terjadi pada malam hari ditandai dengan adanya kejar-kejaran antara induk betina dan jantan mengitari kakaban.
4. Amati pada pagi hari, telur-telur sudah dilepas dan menempel pada seluruh permukaan kakaban.

Menetaskan Telur

1. Menyiapkan bak penetasan telur, bersihkan terlebih dahulu bak-bak dengan permangkanat.
2. Isi air penetasan setinggi 40 cm, pindahkan / angkat kakaban masukan kedalam bak yang sudah disiapkan.
3. Amati telur-telur tersebut setelah 24 jam dan telur-telur tersebut mulai menetas. Telur yang baik akan menetas sampai 35 jam. Anak ikan yang keluar dari telur masih sangat kecil dan lemah. Badan transparan dan kalau dilihat dengan microskop akan terlihat masih mengandung kuning telur. Telur-telur yang tidak terbuahi warna kuning susu dan tidak akan menetas serta akan membusuk. Telur-telur yang terbuahi terlihat kuning transparan dan akan menetas setelah 34 jam sampai 48 jam dikeluarkan oleh induk.

Pemeliharaan Larva

1. Menyiapkan bak untuk budidaya pakan alami berupa dapnia atau cacing rambut. Cacing rambut banyak dijual di kios-kios pedagang ikan hias.
- CARA MENUMBUHKAN CACING SECARA ALAMI

Menggunakan gedebog pisang. Kupas, potong ukuran setengah meter.
Masukkan ke kolam sebelum diisi bibit, gedebog akan membusuk, mengeluarkan cacing sebagai pakan lele waktu kecil.

Lendir yang keluar berfungsi membunuh penyebab penyakit

2. Setelah telur lebih dari 48 jam dan sudah terlihat banyak yang menetas maka kakaban diangkat secara hati- hati.
3. Merawat larva, larva yang baru beberapa hari menetas kondisinya masih sangat lemah. Larva ini tidak memerlukan pakan tambahan sampai menunggu kandungan kuning telurnya habis. Kandungan kuning telur akan habis setelah menetas 7 hari. Untuk menjaga mortalitas tinggi pertu dipasang aerasi.
4. Memberi pakan larva. Setetah kandungan 7 hari, kandungan kuning telur sudah habis dan harus segera diberi pakan tambahan. Pakan pertama dapat diberi kuning telur diblender setiap pagi dan sore sebanyak satu butir per 5000 ekor benih. Cacing rambut dapat diberikan setelah 11 hari dan dapnia.

Panen Benih Ikan Lele

Panen benih lele bukan kegiatan akhir dari budidaya lele. Pemungutan hasil pertama dilakukan setelah benih berumur 17 sampai 21 hari (panjang t 2,5 cm). Pada ukuran tersebut benih lele sudah bisa ditebar pada petak pembesaran secara langsung atau ditebar pada tempat penampungan sambil menunggu pembeli.

Alat Panen Benih Lele berupa seser, ember, waring, kantong plastik, tali karet, tabung udara, mangkok kecil. Perhitungan hasil  dilakukan secara manual. Untuk memilih benih agar seragam gunakan ember plastik berlubang-lubang.


Share this Article on :

0 comments:

Post a Comment

 
Copyright Catatan Rahdrianto 2010 -2015 | Powered by Blogger.com.